Kawasan Pertanian Terpadu di Wajo Diresmikan - Pantau Banten

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, May 21, 2019

Kawasan Pertanian Terpadu di Wajo Diresmikan



PANTAU WAJO- Pemerintah Kabupaten Wajo adakan lounching Kawasan Pertanian Terpadu yang dilaksanakan di Kawasan Uraiyan di Kecamatan Majauleng, Selasa 21 Mei 2019.

Launching Kawasan Pertanian Terpadu di Uraiyan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Wajo begitu juga dengan Forkopimda serta Kepala OPD di Kabupaten Wajo.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Ir. Muhammad Ashar mengatakan,  kalau Kawasan terpadu di Uraiyan ini merupakan kawasan pertanian terpadu dengan luas 10 Hektar yang di dalamnya terdiri dari cetak sawah, peternakan, perikanan , jalan tani keliling, serta berbagai jenis tanaman pangan, perkebunan,  juga akan ada gedung pelatihan.

" Pembangunan embun embun yang mana hari ini telah ditaburkan benih ikan kurang lebih 2.500 ikan mas dan 2.500 ikan nila yang serempak ditabur oleh Bupati dan Wakil Bupati Wajo serta Forkopimda," kata Muhammad Ashar

Sementara di tempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Ir. Nasfari yang juga hadir pada acara ini menyampaikan kalau dengan adanya Integrated Farming System ini, dilakukan pembenahan yang ada di dalamnya agar lahan bisa jadi produktif, juga disiapkan budidaya ikan sehingga ikan yang ditabur tadi, dua bulan kemudian bisa dikomsumsi, ucapnya

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa,  ini merupakan  perjalanan 90 hari sejak kedatangannya pertama kali disini dan berhadapan dengan stakeholder,  juga para petani, jadi tempat ini sangat diharapkan jadi tempat belajarnya para petani petani, dan akan ada Uraiyan di desa desa dan kecamatan lain nantinya, sehingga lahan tidur bisa dijadikan kawasan seperti ini dan menjadi sumber pendapatan petani di Wajo.


"Dan di 95 hari kegiatan yang telah kami lakukan sampai hari ini, kami berterima kasih atas dukungan OPD yang ada di Kabupaten Wajo, sehingga beberapa kegiatan telah dimulai dan beberapa diantaranya sudah dinikmati masyarakat, diantaranya penataan pasar, layanan Paten Kecamatan, Pelayanan Perijinan, BPJS yang sudah mencover 50 persen masyarakat Wajo, Integrated Farming System, Program Gemantik juga dengan mengirim beberapa orang ke Bekasi untuk belajar cara cepat menghapal AlQuran dalam Program ToT At Taisir dan sekarang ini sudah menunjukkan perkembangan dari anak anak yang telah dikirim kesana." Ungkapnya.



Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan disini, dalam rangka pemantapan Integted Farming System, yang menekankan bagaimana pertanian bisa terkelola dengan baik serta bagaimana mengembalikan kejayaan yang pernah ada di Wajo utamanya bagaimana menciptakan "branding beras Wajo". Demikian juga terkait dengan penyuluh supaya mendapat perhatian serius .

Diharapkan pertanian terkelola dengan baik, dan menyampaikan kalau ada 5 Kabupaten yang mendapat program Serasi dari Kementerian Pertanian RI, dan Wajo merupakan yang mendapatkannya dari 5 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, dan sekarang ini sudah action di Kecamatan Belawa.

Diakhir sambutannya H. Amran, SE menyampaikan kalau akan ada juga Uraiyan di desa desa lainnya dan menjadikan Uraiyan sebagai tempat belajar bagi petani petani di Kabupaten Wajo, dan mengucapkan selamat bekerja kepada Dinas terkait.

Diakhir acara diadakan dialog dengan masyarakat dan beberapa stakeholder terkait.

( Humas Pemkab Wajo )

Editor: Muhlis

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here