Bupati Wajo Mengukuhkan Para Camat Menjadi Tim Pengawas Orang Asing Tingkat Kecamatan - Pantau Banten

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, June 24, 2019

Bupati Wajo Mengukuhkan Para Camat Menjadi Tim Pengawas Orang Asing Tingkat Kecamatan



PANTAU TERKI WAJO- Kementerian Hukum dan HAM dan Hak asasi Manusia RI Kantor Wilayah Sulsel Kantor Imigrasi kelas II Parepare mengadakan acara rapat pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing ( Timpora ) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Wajo, Selasa 25 Juni 2019 di Gedung Glory Convention Center.

Hadir dalam acara ini Kanwil Kemenkumhan Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Intelejen dan Penindakan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Parepare, Camat se Kabupaten Wajo, Para Danramil, Kapolsek, Lurah dan Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporan penyelanggara menyampaikan bahwa maksud dan tujuan terselenggaranya acara ini agar Timpora  yang nantinya terbentuk dapat menjadi wadah komunikasi aparat Pemerintah, untuk menyatukan persepsi antar instansi, sebagai upaya mengawasi orang asing.






Sedangkan tujuannya adalah dalam rangka penguatan pengkoordinasian, keterpaduan dan penyelarasan tugas dan informasi orang asing dan diharapkan dalam rapat ini memberikan hasil yang maksimal, mengingat keberadaan orang asing dapat memberikan manfaat kemajuan daerah kita dan waspada karna bida menjadi pemicu kerawanan, jelasnya.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa keberadaan warga asing di daerah perlu perhatian dari berbagai pihak, oleh karna itu perlunya kerjasama dan koordinasi antar instansi terkait serta menyamakan persepsi terkait dengan pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai bidang tugas masing masing .

"Keberadaan warga asing dan Investasi asing di daerah masih dibutuhkan sepanjang dapat menunjang pengembangan dan pembangunan di daerah, disamping dampak negatif dari adanya aktifitas dan keberadaan orang asing di daerah dan hal ini perlu kita sikapi dengan baik supaya tidak terjadi benturan," ungkap Bupati Wajo.

Selanjutnya dikatakan perlu ada edukasi agar memberi pelayanan dan antisipasi tindak kejahatan, dimana banyak pintu pintu masuk, sehingga perlu ada sinergitas perlu ada sikap dari aparatur, sehingga apa yang menjadi problematika dapat diantisipasi dengan baik, perlu kerjasama dan koordinasi dengan semua pihak.

"Di awal tugas kami sebagai bentuk perkenalan yang baru 4 bulan lalu, dimana salah satu visi misi kedepan diantaranya pengembangan sektor Wisata, bagaimana kedepan bisa teredukasi, melayani para wisatawan kita, juga hirilisasi yang akan membuka peluang kepada Investor, sehingga acara ini tepat sekali diadakan di Kabupaten Wajo, " jelas Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Dalam acara ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan kepada para Camat sebagai Tim pengawasan orang asing tingkat Kecamatan di Kabupaten Wajo.

"Pengukuhan kepada Camat hari ini sehingga memudahkan koordinasi juga menjadikan wawasan keimigrasian menjadi bekal bagi para aparatur dibawah, sehingga ini menjadi bagian dalam mewujudkan visi misi kami kedepan, diantaranya memajukan masyarakat Wajo di segala aspek, " tutup Bupati Wajo dalam sambutannya.

( Humas Pemkab Wajo )
Editor: Lis

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here